People Innovation Excellence

Bermain Stop-Motion Animation bersama sinematografer Singapura, KM Lo

KM Lo seorang sinematografer kelahiran Hongkong berkunjung ke Jakarta atas sponsor dari Singapore International Foundation dan Aikon (Yayasan Pikir Buat Nusantara). KM Lo datang ke Jakarta untuk menyelenggarakan screening serial film pendek TukTuk Cinema yang merupakan karyanya di Thailand. Selain itu ia melakukan kegiatan yang melibatkan komunitas dengan mengajak anak-anak usia SD di daerah RT009/07 Kampung Buaya, Karet Tengsin Jakarta Pusat untuk bermain dan belajar mengenal prinsip kerja film. Lingkungan ini merupakan komunitas binaan dari Aikon dengan kegiatannya yatu Bemoskop (pemutaran film keliling dengan menggunakan kendaraan bemo) di mana pak Kinong yang sehari-harinya adalah pengemudi bemo, di kala senggang ia mengelola program Bemoskop ini.

Tanggal 24 April 2015, KM Lo mengajak anak-anak untuk bermain dengan medium video, membuat stop-motion-animation dari mainan Bemo dan Bajaj yang terbuat dari plastik. Setelah itu anak-anak SD disana membuat bemo dan bajaj dari adonan tepung terigu, kemudian menganimasikannya. Para dosen DKV BINUS turut berpartisipasi dalam kegiatan ini, bermain bersama dan mendokumentasikan kegiatan ini. Anak-anak nampak bergembira dan bersemangat.

Dua hari kemudian tanggal 26 April 2015 malam, KM Lo mengajak anak-anak untuk menyaksikan pemutaran film Tuktuk Cinema dan hasil workshop yang telah dilakukan oleh anak-anak. Mereka sangat senang melihat hasil karya mereka ditayangkan.

Terima kasih Enrico Halim dari Aikon + KM Lo dari Singapore International Foundation atas kegiatan yang seru, gembira nan berguna ini.


TukTuk02 TukTuk03

TukTuk01


Published at :
Written By
Sari Wulandari
Head of Program | Binus SOD NewMedia

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close