Bermain Stop-Motion Animation bersama sinematografer Singapura, KM Lo

KM Lo seorang sinematografer kelahiran Hongkong berkunjung ke Jakarta atas sponsor dari Singapore International Foundation dan Aikon (Yayasan Pikir Buat Nusantara). KM Lo datang ke Jakarta untuk menyelenggarakan screening serial film pendek TukTuk Cinema yang merupakan karyanya di Thailand. Selain itu ia melakukan kegiatan yang melibatkan komunitas dengan mengajak anak-anak usia SD di daerah RT009/07 Kampung Buaya, Karet Tengsin Jakarta Pusat untuk bermain dan belajar mengenal prinsip kerja film. Lingkungan ini merupakan komunitas binaan dari Aikon dengan kegiatannya yatu Bemoskop (pemutaran film keliling dengan menggunakan kendaraan bemo) di mana pak Kinong yang sehari-harinya adalah pengemudi bemo, di kala senggang ia mengelola program Bemoskop ini.

Tanggal 24 April 2015, KM Lo mengajak anak-anak untuk bermain dengan medium video, membuat stop-motion-animation dari mainan Bemo dan Bajaj yang terbuat dari plastik. Setelah itu anak-anak SD disana membuat bemo dan bajaj dari adonan tepung terigu, kemudian menganimasikannya. Para dosen DKV BINUS turut berpartisipasi dalam kegiatan ini, bermain bersama dan mendokumentasikan kegiatan ini. Anak-anak nampak bergembira dan bersemangat.

Dua hari kemudian tanggal 26 April 2015 malam, KM Lo mengajak anak-anak untuk menyaksikan pemutaran film Tuktuk Cinema dan hasil workshop yang telah dilakukan oleh anak-anak. Mereka sangat senang melihat hasil karya mereka ditayangkan.

Terima kasih Enrico Halim dari Aikon + KM Lo dari Singapore International Foundation atas kegiatan yang seru, gembira nan berguna ini.


TukTuk02 TukTuk03

TukTuk01

Sari Wulandari