People Innovation Excellence

WARNA DALAM KOMUNIKASI #2

Suatu perusahaan harus mengeluarkan jutaan dollar untuk menetapkan identitas perusahaannya (corporate identity), image dan brand melalui logo, iklan-iklan, website dan signage; perusahaan ini harus menyampaikan pesan yang singkat tentang siapakah mereka dan apa yg mereka lakukan. IBM akan selalu dikenal sebagai The Big Blue: setia dan dapat dipercaya. Coke menggunakan red, berkesan energik dan kemewahan. Warna ini tidak hanya suatu identitas atau citra diri, tapi suatu yang diimpi-impikan.

Warna menambahkan arti yang sangat hebat dalam berkomunikasi seperti sama pentingnya dengan pesan yang divisualkan, menyampaikan kesan dan pesan saat itu, lebih sering, dan lebih mudah dimengerti. Ini adalah sesuatu yang sangat penting dalam menyampaikan kesan atau ide di mana perkataan / pernyataan yang panjang lebar tidak berguna / sulit dimengerti. Warna adalah bahasa umum yang merupakan persilangan kebudayaan dengan elektronik atau teknologi atau satelit, yang di sebut “Global Village”.

Dalam komunikasi pemasaran, yang menjadi perhatian utamanya adalah membujuk masyarakat luas untuk menjadikan atau membuat konsumen memberikan tanggapan positif dalam penyampaian pesan 2 arah. Dalam tugasnya menyampaikan pesan pasaran yang berarti.

Tanpa manusia melakukan bahasa verbal, warna telah dapat mengungkapkan banyak arti yang tersirat dalam pesan. Tanpa manusia sadari, warna terpakai dalam aspek berkomunikasi. Dengan warna pula, manusia dapat membaca tanda-tanda yang terjadi pada suatu obyek, misalnya manusia dapat membedakan bahwa mereka adalah kelompok binatang, sayuran, buah-buahan. Warna merupakan bagian dari proses identitas. Dengan warna pula manusia dapat mengungkapkan rasa, konsep simbol-simbol yang abstrak dan pemikiran, mengungkapkan fantasi-fantasi yang ada, keindahan dan emosi.

02-warna-dalam-komunikasi


Published at :
Written By
Mita Wahidiyat
Lecturer Specialist
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close