Perancangan Komunikasi Visual Publikasi Pariwisata Kabupaten Sumedang Dalam Essai Fotografi

Mayoritas masyarakat di Indonesia, khususnya di kota Jakarta dan Bandung mengenal Sumedang hanya sebatas kuliner tahu, padahal banyak potensi pariwisata di Sumedang. Mengenai sejarah, pariwisata serta kehidupan disana. Ada banyak pilihan destinasi wisata di Sumedang, mulai dari wisata alam, budaya, sampai sejarah. Melalui cerita masyarakat yang pernah kesana atau tinggal disana adalah sumber informasi terpercaya untuk mengenal Sumedang, namun nampaknya hal tersebut agak sulit dijumpai. Buku ‘Sumedang rupa, kehidupan dan pariwisata’ ini hadir untuk memperkenalkan wajah sesungguhnya dari kota Sumedang dengan berbagai macam potensi wisata alam dan sejarah yang ada disana melalui fotografi. Sehingga pembaca dapat melihat secara realistis mengenai kota Sumedang. Direkomendasikan bagi pembaca yang penasaran ingin bertualang dan menikmati hijau dan asrinya tanah sunda. Karena bagaimana kita dapat mencintai negeri sendiri jika mengenali negeri sendiri pun belum seutuhnya. Dengan adanya buku “Sumedang rupa, kehidupan dan pariwisata” ini masyarakat khususnya yang tinggal di kota Jakarta, Bandung dan sekitarnya dapat menjadikan Sumedang sebagai salah satu destinasi pariwisata.

hal01small

Dengan mengetahui informasi dan gambaran dari suatu destinasi wisata kita dapat tertarik untuk mengenal atau dengan lebih mudah pergi ke tempat tersebut. Publikasi buku “Sumedang rupa, kehidupan dan pariwisata” ditujukan untuk mengenal Sumedang lebih dekat dan memperkenalkan surga pariwisata alam dan sejarah yang tersembunyi di Kabupaten Sumedang. Buku ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang menyeimbangkan keadaan di Sumedang, dan mengubah stereotype masyarakat Indonesia terhadap Sumedang yang cenderung hanya sebatas kuliner tahu.

hal02small

Buku-buku publikasi yang ditulis warga negara Indonesia dan membahas tentang Sumedang masih sangat jarang, apalagi buku publikasi yang membahas tentang pariwisata di Sumedang. Diharapkan agar buku ini dapat bermanfaat bagi masyarakat atau pihak yang membutuhkan, demi kepedulian bangsa Indonesia terhadap Sumedang.