People Innovation Excellence

Perancangan Komunikasi Visual Kampanye Sosial Konservasi Love Our Snakes

Tujuan penelitian adalah untuk menciptakan sebuah kampanye sosial mengenai konservasi ular untuk mengubah pola pikir dan perspektif masyarakat terhadap ular. Diharapkan dengan adanya kampanye ini, meningkatnya kesadaran masyarakat, dan berdampak pada berkurangnya jumlah korban gigitan ular di Indonesia. Dilengkapi dengan informasi yang akurat dan informative, membuat kampanye ini mudah dimengerti. Metode penelitian yang digunakan adalah pengumpulan data dan studi desain. Metode pengumpulan data berupa membagi kuesioner, wawancara dengan narasumber yang terpercaya di bidangnya, pencarian data melalui buku dan juga jurnal online. Analisis dilakukan dengan cara mengolah semua data yang didapat baik dari wawancara maupun dari buku pendukung, untuk menjawab arah desain yang mudah diterima oleh target audience. Hasil yang ingin dicapai sebuah rangkaian kampanye lewat media utama website dan buku, menciptakan kesadaran dan berubahnya perspektif masyarakat akan ular. Kesimpulannya memberikan pandangan baru dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya keberadaan ular dalam suatu ekosistem lewat kampanye sosial.

Preview-Karya-part-1-Small

Dengan dibuatnya kampanye sosial yang mengusung tema tentang mengkonservasi ular ini, akan membantu meningkatkan kesadaran dan berubahnya perspektif masyarakat terhadap ular yang sebelumnya negatif, manjadi lebih positif, dan dapat menghargai ular seperti layaknya semua makhluk hidup indah dengan keindahannya masing-masing. Juga pentingnya keberadaan ular di satu daerah sebagai bagian penting dari rantai makanan, mulai terputus, menyebabkan meledaknya hama dan tikus. Kampanye ini menggunakan media website sebagai metode utama, dan dibantu dengan media buku, yang memakai fotografi sebagai unsur utama dalam keseluruhan desain dengan warna dan kontras yang menarik, untuk memberikan kesan bahwa ular tidak menyeramkan, juga dengan informasi yang dikemas simpel dan informatif. Media website juga dipilih karena bersifat lebih global dan dapat diakses dimanapun oleh siapapun.

Preview-Karya-part-2-Small

Saran penulis atas segala yang sudah dilewati oleh penulis dalam membuat tugas akhir ini adalah baiknya terlebih dahulu menyusun konsep yang kuat lalu menuangkannya dalam bentuk konten dari buku ini, baru melanjutkan ke tahap visual. Lalu ada baiknya ada beberapa tahapan dalam penulisan ini, beberapa kali asistensi dan progress, agar minimnya kesalahan yang ada dari ejaan dan kontennya. Setelah selesai, baru semuanya siap dituangkan dalam bentuk visual, dan bisa merancang desain yang sesuai dengan kebutuhan target dan tidak menyimpang.


Published at :
Written By
1401094245 - FRANSISKUS EDBERT
Pembimbing: Rujiyanto
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close