Warna HIJAU dalam Emosi

Warna yang dihasilkan dari percampuran biru dan kuning. Hijau biasa dikaitkan dengan alam. Warna hijau meliputi kejernihan mental dan optimisme kuning dengan tenang emosional dan wawasan biru, inspirasi harapan dan kemurahan hati Yang Maha Kuasa yang tidak tersedia dari warna lainnya.

Warna hijau adalah warna keseimbangan dan harmoni. Dari perspektif psikologi warna, itu adalah penyeimbang besar hati dan emosi, menciptakan keseimbangan antara kepala dan hati. Warna ini memberikan kesejukan, kemampuan diri untuk menjaga kedamaian, dan mampu menampilkan emosi yang positif.

Dari perspektif warna, yang berarti hijau adalah juga warna pertumbuhan, warna musim semi, pembaruan dan kelahiran kembali. Warna ini melambangkan kedekatan dengan alam, menjaga kelestarian dan keseimbangan alam. Oleh sebab itu, warna ini banyak digunakan oleh rumah sakit, klinik kesehatan dan kecantikan sebagai lambang dari harapan (hope) untuk sembuh dan sehat kembali. Nama-nama warna keluarga hijau banyak di dapat dari tumbuhan dan buah2an, antara lain hijau apel, hijau daun, hijau lumut, dan lain sebagainya.

04ImageGreen

Gradasi warna hijau ke putih dan kuning seperti hijau pupus, hijau daun, daun muda, kumala (jade), hijau muda, lime (jeruk nipis), rumput (grass) memberikan kesan ringan, lembut, segar, harapan, relax, asam, fresh, dan kesan menyenangkan lainnya. Nuansa hijau tua (gradasi hijau ke hitam) seperti hijau tentara (green army), hijau lumut/zaitun (olive), hijau botol, cemara (pine) memberikan kesan yang lebih stabil, kemakmuran, tua atau kuno (terpengaruh dari kalimat “lumutan karena lama menunggu”). Bahkan tahun 2013, emerald color menjadi warna trend. Warna ini memberikan kesan mewah, simple, dan elegant.

Dengan adanya kampanye “go green” di seluruh dunia dalam usaha menyelamatkan dunia, maka warna hijau banyak digunakan dalam segala kegiatan yang berhubungan dengan alam.

Dalam dunia desain komunikasi visual, kombinasi warna-warna dingin banyak digunakan untuk logo, kemasan, iklan, signage, dan publikasi. Kombinasi warna-warna ini memberikan kesejukan, materialistis, kemakmuran, ketenangan, keislaman, dan cendrung menghindari pertentangan.