Perancangan Komunikasi Visual Publikasi Buku Cerita Ilustrasi Ramayana

Perancangan Komunikasi Visual Publikasi Buku Cerita Ilustrasi Ramayana ini mengangkat kronologi kisah epos Hindu petualangan Rama dan Shinta dalam kisah Ramayana yang dibawakan dalam ilustrasi dan bacaan yang menarik bagi anak-anak dan remaja. Tujuan Penelitian adalah untuk membuat publikasi sebuah bukucerita yang mengangkat kisah mitologi Hindu Ramayana, namun dikemas dengan visual yang menarik serta bahasa yang ringan sehingga isi buku dapat tersampaikan secara tepat sasaran. Metode Perancangan yang digunakan adalah pengumpulan data, studi desain, dan analisis pasar, wawancara dengan narasumber yang terpercaya di bidangnya, serta pencarian data melalui internet dan buku referensi. Analisis dari hasil data yang didapat menunjukkan bahwa di Indonesia belum ada media publikasi serupa yang mengangkat cerita yang bertema mitologi Hindu Ramayana yang ditujukan bagi anak-anak dan remaja dalam bentuk buku cerita ilustrasi. Hasil yang ingin dicapai adalah sebuah buku cerita ilustrasi yang mengangkat kisah mitologi Hindu dengan visual yang dapat menarik target pasar dengan maksimal. Maka kesimpulan yang didapat adalah diharapkan buku ini dapat menarik perhatian dan mengembangkan imajinasi para pembaca, dengan harapan pembaca dapat menangkap isi dan pesan informasi yang ada di dalam kisah cerita Ramayana, serta memahami mengapa umat Hindu begitu menghormati seorang pangeran Rama.

RMYN-Asmall

Dengan membaca dan memahami pesan yang ada kita bisa menambah wawasan serta pengetahuan baru. Bacaan dari sebuah buku cerita akan lebih menarik apabila dilengkapi dengan gambar ilustrasi yang mempunyai nilai estetika tersendiri. Dengan adanya gambar ilustrasi, generasi muda akan terpancing untuk membaca dan menggali lebih dalam tentang isi bacaan yang ia temukan. Dengan mengangkat kisah epos mitologi Hindu Ramayana, di dalamnya banyak terkandung pesan dan nilai-nilai kehidupan positif yang penuh makna bagi para pembacanya. Dari cerita yang luar biasa tersebut, karya ilustrasi diciptakan untuk menarik perhatian dan mengembangkan imajinasi para pembaca, dengan harapan pembaca dapat dengan mudah menangkap isi dan pesan informasi yang ada di dalam kisah cerita Ramayana, serta memahami mengapa umat Hindu begitu menghormati seorang sosok pangeran Rama.

RMYN-Bsmall

Penguasaan disiplin diri dan manajemen waktu sangatlah penting di dalam penciptaan sebuah karya guna menghadapi segala hambatan yang paling rumit sekalipun dan mengukur segala batasan–batasan yang ada di dalam diri. Dengan menggabungkan disiplin waktu serta tekun menggali wawasan, pengetahuan, dan pengalaman, kita dapat dengan mudah mampu menemukan inspirasi dan inovasi baru dalam menciptakan sebuah karya, serta menjadikan yang biasa menjadi luar biasa. Selain itu dengan tekun berlatih dan belajar membuka diri untuk menerima wawasan dan pengetahuan baru dapat mempertajam dan meningkatkan “taste” (selera) dalam diri kita untuk menciptakan hasil karya desain yang baru, unik dan mampu memberikan kesan bagi penikmatnya.