People Innovation Excellence

Perancangan Komunikasi Visual Publikasi Misteri Surat Terhilang

Perancangan Komunikasi Visual Publikasi Misteri Surat Terhilang ini membahas kronologi dibalik Supersemar dan kekuatan surat sakti yang masih menjadi misteri sampai detik ini. Tujuan penelitian adalah untuk mendapatkan informasi sejarah Supersemar apa adanya dan pemilihan strategi visual yang sesuai dengan konsumen. Penyusunan laporan ini diperoleh dengan metode penelitian dengan studi data dari berbagai referensi buku, internet, pembahasan dan wawancara dari pakar sejarah, menganalisis sejarah Indonesia di bidang politik, khususnya masa peralihan Orde Lama ke Orde Baru. Bukti bukti berupa informasi, guna memperkuat data dan kelengkapan informasi. Hasil penelitian menunjukan presepsi generasi muda bangsa yang masih buram akan sejarah Indonesia dikarenakan berbagai hal, seperti termasuk hal teknis dari media yang sudah ada. Maka simpulan dari penelitian ini adalah bahwa adanya manipulasi dari Supersemar sehingga banyak dari generasi muda sebagai ujung tombak bangsa yang tidak tahu akan kebenaran bangsanya sendiri.

AF-A3-MST-02-small

“Aneh tapi Nyata”, untuk pertama kalinya dalam sejarah dunia ada surat yang sangat penting namun “terhilang”. Bahkan akibat yang ditimbulkannya pun sangat luar biasa pengaruhnya, itulah Supersemar. Benang yang sudah kusut ini sepertinya makin lama makin penuh teka teki bahkan suatu misteri yang sampai hari ini belum terpecahkan. Gak heran, selama kurang lebih tiga puluh dua tahun sejak rezim Orde Baru berkuasa hanya sedikit rakyat yang berani menanyakan kebenaran akan “Surat Sakti“ tersebut. Supersemar adalah surat perintah yang ditandatangani oleh Presiden Soekarno, pada tanggal Sebelas Maret tahun 1966. Tentang keasliannya menjadi kontroversi yang sampai saat ini masih belum diketahui. Menurut M. Asichin, kepala ANRI (Arsip Nasional Republik Indonesia) mengatakan bahwa ketiga Supersemar yang diterima pihak ANRI itu ternyata “palsu”. Menurut Benedict Anderson (Pakar sejarah Indonesia asal Amerika Serikat), Supersemar asli sengaja dihilangkan.

Terdapat beberapa bukti yang menguatkan akan keberadaan Supersemar adalah pidato kenegaraan dan terakhir dari Bung Karno saat memimpin upacara kemerdekaan tahun 1966, itu sebabnya lewat pidato ini dapat ditarik kesimpulan sementara ada bahwa benar Supersemar telah dikeluarkan oleh Presiden Soekarno kepada Soeharto. Pesoalan tersebut masih relevan sampai saat ini, bahkan Presiden SBY pun sekalipun masih mencari kebenaran nya dengan meminta ANRI untuk membantu negara mencari dan menemukan arsip negara yang hilang. Betapa penting dan berkuasanya surat tersebut bagi negara.

Sungguhpun demikian, banyak cerita yang beredar bahwa Supersemar juga telah dimasukan menjadi topik dalam pendidikan di sekolah-sekolah. Tetapi sampai berapa lama lagi subject pelajaran yang diberikan itu tidak jelas keberadaanya. Diperlukan pelurusan sejarah dan pembangunan politik secara manusiawi dan sehat, dimulai dari dunia pendidikan sebagai ujung tombak pencerdasan anak bangsa sehingga diharapkan masyarakat dapat lebih menghargai sejarah dan mengetahui kebenaran di dalam sejarah Indonesia. Maka kita harus lebih serius lagi sambil mengeksplorasi segala sumber daya informasi untuk mengetahui dan memahami Supersemar, karena kasus ini dapat membangun karakter bangsa dalam menghadapi tantangan dan mengetahui kebenarannya. Belajarlah dari kesalahan yang sudah dilalui sehingga tidak terulang.

AF-A3-MST-01-small

Perancangan Publikasi Tugas Akhir Misteri Surat Terhilang menjadi sebuah lampu senter bagi generasi muda untuk mendapat kesempatan memahami sejarah Indonesia. Yang sebenarnya menarik dan dapat diolah lebih banyak secara teknis. Dengan hasil desain yang sudah tertera di bab 5 dapat disimpulkan bahwa sesuai dengan perkembangan jaman, metode yang dilakukan untuk membuat perancangan desain harus disesuaikan, tanpa mengurangi dan memanipulasi  data  tersebut, agar generasi muda dapat memahami sejarah Supersemar lebih menarik

Secara garis besar, sudah banyak buku mengenai sejarah Indonesia yang beredar di toko buku, tetapi masih minimnya lembaga-lembaga di Indonesia yang mau mengupas Sejarah Politik di Indonesia , salah satunya Supersemar. Alangkah baiknya generasi muda melanjutkan sambungan lidah yang sudah dikumandangkan untuk meningkatkan antusiasme cinta negara sendiri. Dengan penerapan Desain Komunikasi Visual dapat mempublikasikan berbagai sejarah Indonesia. Dengan banyak cara , dan tidak dihalang halangi oleh pihak manapun,  maka akan membantu menjaga sejarah yang murni dan apa adanya sebagai bentuk pencerdasan anak bangsa di generasi berikutnya.


Published at :
Written By
1401103621 - ANASTASIA FELICITA TANDY
Pembimbing: Eka Sofyan Rizal
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close