Kolaborasi Ibu Anak dalam Karya Ilustrasi Surealis

Artis dari Toronto, Ruth Oosterman, kerapkali melakukan kolaborasi dengan putrinya Eve, yang berumur 2 tahun dalam menciptakan ilustrasi surealis. “Kami sudah mulai membuat sketsa bersama sejak dia berusia cukup untuk menggunakan krayon, pada awalnya kertas diikatkan ke dada saya dan dia melakukan doodle pertama.” kata Ruth.

Namun awal kolaborasi mereka terjadi ketika salah satu doodle putrinya menarik perhatian Ruth. Hal itu ketika anaknya melihat jendela sebelum melakukan doodlenya. “Saya bisa melihat bentuk dua orang berdiri di pantai dari doodle anak saya, kemudian saya muncul ide untuk melanjutkannya dan berkolaborasi.” kata Ruth. “Saya selalu bermimpi untuk berkolaborasi dengannya, tetapi saya pikir hal itu masih butuh beberapa tahun lagi. Doodle pantainyalah yang membuat saya sadar bahwa kami sudah bisa bekerja sama dari sekarang.”

RuthEve01 RuthEve02

Dalam prosesnya Ruth menjelaskan bahwa dia, sembari mengambil beberapa cat air, mencoba untuk membayangkan apa putrinya coba ilustrasikan, dan kelanjutan serta detail sampai finishing dilakukan oleh Ruth.

Eve sendiri sangat suka dan menikmati pembuatan doodlenya, kadang-kadang dia juga menceritakan dengan ibunya tentang apa yang dia ciptakan. “Saya langsung menggunakan percakapan ini sebagai inspirasi untuk illustrasi, tetapi jika dia diam, saya akan menggunakan sesuatu yang dia lakukan atau katakan hari itu untuk menemukan arah illustrasi kami.” kata Ruth.

RuthEve04

Ruth pun aktif mendokumentasikan proyek foto di blog-nya, The Mischievous Mommy, dan film waktu-penyimpangan dari bagaimana setiap lukisan datang bersama-sama pada saluran YouTube-nya. Dia juga menjual cetakan kolaborasi mereka di Etsy, dan mengatakan semua penghasilan akan pergi ke dana kuliah Eve.

RuthEve03

Kolaborasi illustrasi dengan putrinya membuat dia lebih kreatif dan berpikir positif. “Eve memberi saya karunia yang membuat saya dapat melihat melalui mata seorang anak.” Tutur Ruth.

RuthEve05