People Innovation Excellence

Perancangan KomVis Kemasan: Selai Kaya Kayramel

Tak dapat dipungkiri, desain telah menjadi tonggak pokok dalam pemasaran suatu produk. Dalam perancangan visual kemasan Selai Kaya Kayramel, ditemukan Selai Kaya Kayramel membutuhkan suatu desain kemasan yang dapat mempromosikan identitas Selai Kaya Kayramel kepada target pasarnya. Selai Kaya Kayramel adalah suatu produk selai kaya unggulan dari kota Jambi yang telah ada sejak tahun 1902. Selai Kaya Kayramel terbilang unik, pasalnya, selai kaya yang dibawa dari seorang pendatang suku Hainan (China) ke Indonesia ini sempat tumbuh pada masa kolonial Belanda dan telah mengalami akulturasi rasa dan budaya dengan masyarakat setempat hingga hari ini. Selain itu, Selai Kaya Kayramel juga merupakan selai kaya homemade yang tidak menggunakan bahan pengawet dan pewarna.

Bermodal kekuatan sejarahnya dan beberapa keunggulan produk lainnya, maka konsep desain untuk perancangan kemasan Selai Kaya Kayramel mengacu pada sebuah gaya desain bertemakan pencampuran gaya desain timur (China), barat, dan lokal (Indonesia). Dengan perancangan logo baru yang, pengolahan pattern-pattern (sebagai supergrafik utama), penggunaan warna yang tepat, membawa suatu nuansa baru yang tidak pernah dibawakan sebelumnya di jajaran pasar produk makanan. Dengan target market pria dan wanita berstatus sosial golongan A dan B, serta tinggal di kota-kota besar, membuat penulis melakukan beberapa pendekatan emosional dan rasional dalam memposisikan produk dalam pasar. Sehingga, suatu kemasan dengan tampilan yang modern namun tetap terkesan klasik menjadi lini depan perancangan desain kemasan Selai Kaya Kayramel.

2-small

Perancangan logo baru bagi Selai Kaya Kayramel mengadopsi bentuk sebuah ikatan/knot dari kebudayaan China. Logotype yang dipilih juga merupakan jenis font serif yang menampilkan kesan vintage namun tidak kaku. Bahan kemasan menggunakan bahan toples kaca dengan tutup kedap udara. Toples kaca ini dipilih karena lebih dapat menjaga kualitas isi produk ketimbang toples berbahan pastik yang mudah bereaksi pada kondisi-kondisi tertentu. Disesuaikan dengan 3varian rasanya, maka kemasan Selai Kaya Kayramel Original bernuansa warna merah, kemasan Selai Kaya Kayramel Honey bernuansa warna kuning kejinggaan, dan kemasan Selai Kaya Kayramel Pandan bernuansa warna hijau. Setiap kemasan Selai Kaya Kayramel diidentifikasikan dengan tiap pattern yang berbeda. Pattern-pattern yang ada terbagi menjadi pattern organis dan geometrik. Pattern organis mengisi 2/3 bagian atas kemasan, sementara pattern geometrik mengisi 1/3 bagian bawah kemasan. Setiap pattern-pattern yang ada mencerminkan bahan-bahan tiap varian selai. Pattern-pattern dibuat sintaktik agar walau tampak berbeda-beda, setiap visualisasinya memiliki kesatuan dan harmonisasi. Kemasan Selai Kaya Kayramel hadir dalam berbagai ukuran. Terdiri dari : toples kaca 120gr (dapat memasuki jajaran pasar ritel dengan posisi limited premium item, hadir dalam 3varian), toples kaca 220gr (reguler size, hadir dalam 3varian), toples kaca jumbo 580gr dan 1082gr (original varian only), kemasan kaleng 2 kg (original varian only, dikhususkan sebagai kemasan supply untuk kopitiam-kopitiam), dan kemasan sachet 10gr dengan pouch-nya (12 sachet/pouch, dapat memasuki jajaran pasar ritel, hadir dalam 3 varian).

1-small

Kemasan multipack adalah special packaging yang dapat berfungsi sebagai gift packaging (sebagai oleh-oleh atau souvenir bagi kerabat konsumen). Kemasan multipack ini berisi 3 buah toples kaca 220gr dari tiap varian plus bonus pisau selai dalam tiap kemasannya. Kemasan multipack berbahan karton 3mm yang dilengkapi dengan magnet dan bandul mutiara sebagai tarikan penutupnya. Sehingga, keamanan toples terjamin dan konsumen pun dimudahkan dalam membuka tutup kemasan.

Perancangan desain kemasan untuk Selai Kaya Kayramel ini dimaksudkan agar dapat meningkatkan brand dan product awareness masyarakat luas terhadap produk, dengan tetap menjalankan fungsi kemasan itu sendiri yaitu mempermudah konsumen dalam membawa produk dan menjamin kehigienisan produk. Perancangan visual untuk Selai Kaya Kayramel juga tidak terbatas pada perancangan kemasannya saja, tetapi juga pada berbagai media pendukungnya seperti paper bag, crate, poster, print ad, sampai pada ambience book yang membahas perancangan visual toko dan gerai Selai Kaya Kayramel untuk ke depannya.


Published at : Updated
Written By
1401091975 - WENDY CHRISTIANI
Pembimbing: Tobias Warbung
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close