People Innovation Excellence

Perancangan Komunikasi Visual Publikasi Buku: Yoyo Tidak Sekedar Berputar

Berdasarkan data, penelitian, dan teori-teori yang telah penulis dapatkan mengenai buku yang berjudul “Yoyo Tidak Sekedar Berputar”  yang dilengkapi dengan warna yang bersifat “fun” dengan menggunakan teori warna neon yang bertujuan untuk menampilkan warna kontras menarik mata pada setiap halamannya dan membuat sang pembaca mengingat visual yang terdapat pada buku tersebut. Unsur geometri pada visual yang diciptakan tidak lupa berasal dari filosofi “keseimbangan, logika dan kreatifitas” layaknya seperti puzzle jika sebuah puzzle kehilangan kepingannya tidak akan terbentuk sempurna dan menghasilkan karya yang tidak seimbang satu sama lain. Dengan visual geometri bertujuan membuat gejolak dalam diri pembaca dan membuat pembaca berusaha untuk memahami semua visual yang terdapat dalam buku, jadi segala sesuatu yang dibaca oleh pembaca tidak akan sia-sia dan akan lebih diingat oleh otak mereka.

spread-halaman-small  buku-dan-pack-small

Setelah menyelesaikan perancangan laporan publikasi dan karya bertema “Yoyo Tidak Sekedar Berputar” terdapat beberapa saran yang dapat diberikan kepada pembaca yang akan menggunakan laporan ini untuk kebutuhan apapun ataupun akan merancang sebuah laporan.

  • Carilah referensi gambar dan informasi sebanyak mungkin  dengan topik yang akan diangkat.
  • Dalam proses eksekusi desain diperlukan investasi waktu yang banyak untuk Trial-Eror untuk mencari gaya desain pada suatu karya.
  • Sketsa sebanyak mungkin untuk menemukan hasil karya yang sesungguhnya.
  • Anggaplah Tugas Akhir ialah projek terakhir anda yang harus dimaksimalkan dengan segenap kemampuan anda dalam mendesain.
  • Investasikan waktu 3-5 hari dalam seminggu untuk mengerjakan sebuah Tugas Akhir agar suatu hari tidak terburu-buru untuk mengejar deadline yang sudah ditentukan.
  • Nikmatilah setiap kerjaan yang anda kerjakan, karena itu awal dari sebuah proses.

pembatas-buku-small

Tujuan penelitian, ialah memahami dan memastikan kondisi permasalahan yang ada dilingkungan masyarakat terhadap topik mengenai yoyo. Metode perancangan analisis, yang digunakan adalah analisis literatur buku dan perpustakaan, observasi lapangan, analisis data, dan studi visual dan riset yang dilakukan secara kuantitatif maupun kualitatif.  Hasil yang dicapai, buku yang disertai tips dan trik dalam permainan yoyo yang divisualkan dalam bentuk geometris dan warna yang memberikan kesan menyenangkan dalam permainan yoyo. Simpulan, sebuah sebuah buku yang memberikan ulasan mengenai yoyo, tips merawat yoyo hingga bagaimana memainkan yoyo seperti seorang ahli yoyo. Buku yang diulas dengan kesan yang menyenangkan dan unsur geometris yang bertujuan menimbulkan kesan tak terlupakan pada pembaca mengenai visual dalam buku yoyo.


Published at : Updated
Written By
1401097013 - WILLY WIJAYA
Pembimbing: Eka Sofyan Rizal
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close