Perancangan Komunikasi Visual Identitas: Destinasi Kepulauan Gili

Banyaknya pulau-pulau pariwisata di Indonesia yang masih belum dikenal secara luas, karena tidak memiliki penamaan yang jelas, jati diri, dan karakter. Salah satunya adalah Kepulauan Tiga Gili. Tujuan perancangan identitas visual ini yaitu untuk memperkenalkan Kepulauan Tiga Gili di mata wisatawan lokal maupun mancanegara, juga untuk menyampaikan informasi secara jelas yang nantinya akan memudahkan wisatawan dalam wisatanya ke Tiga Gili. Identitas visual Kepulauan Tiga Gili berangkat dari big idea yang didapat setelah penulis melakukan survei. Survei yang dilakukan penulis meliputi survei kepada calon wisatawan, wisatawan yang sedang berlibur, penduduk setempat, dan Ketua Dinas Pariwisata Lombok Utara. Hasil survei yang didapat menunjukkan kebutuhan visual apa saja yang diperlukan Kepulauan Tiga Gili dan karakter dari masing-masing pulau di Kepulauan Tiga Gili. Karakter tersebutlah yang akan diolah lebih lagi untuk membentuk identitas visual Tiga Gili.

IMG1small

Kepulauan Gili dengan keindahan alamnya yang luar biasa sangat berpotensi untuk menjadi tujuan utama tourism di Indonesia. Namun Kepulauan Gili  sendiri belum mendapatkan sorotan yg cukup untuk dapat dikenal secara luas, baik secara lokal maupun di mancanegara. Oleh karena itu, perancangan identitas visual yang dapat mencerminkan ketiga karakter Tiga Gili dan dapat secara informatif menyampaikan pesan diharap dapat memajukan pariwisata Tiga Gili. Identitas visual Tiga Gili juga dikemas dengan elemen-elemen visual yang dibuat sesuai dengan value dan target market, hal ini bertujuan agar wisatawan dapat merasakan perjalanan pariwisata yang menyenangkan, relaxing, dan memuaskan. Setiap media menggunakan pengaplikasian supergrafis yang dapat diaplikasikan dengan beraneka ragam namun tetap pada aturannya. Hal ini diterapkan agar tidak menimbulkan kesan kaku dan membosankan. Identitas visual Tiga Gili mencakup perbaikan sistem publikasi yang ada, sehingga calon wisatawan dan wisatawan yang berkunjung akan semakin dimudahkan dalam kunjungan wisatanya sehingga nantinya dapat meningkatkan brand awareness Tiga Gili sendiri.

IMG2small

Rancangan identitas visual ini harus diaplikasikan secara konsisten untuk menjaga integritas brand Tiga Gili. Dengan identitas Tiga Gili yang baru, diharapkan Tiga Gili dapat dikenal secara luas dan menjadi salah satu tonggak utama pariwisata di Indonesia.