Perancangan Komunikasi Visual Publikasi Buku Pesona Senjata Nusantara

Desain menjadi sebuah kekuatan tersendiri yang dapat digunakan untuk menambah nilai suatu produk atau menyelesaikan suatu permasalahan. Dalam kasus ini, yakni kurangnya perhatian masyarakat terhadap budaya Indonesia khususnya dalam bidang senjata tradisional Indonesia menjadi sebuah permasalahan yang penulis coba teliti dan selesaikan dengan solusi dari segi visual.

Hal yang paling mendasar untuk melestarikan suatu kebudayaan adalah ketika masyarakatnya tahu mereka memiliki kebudayaan tersebut. Untuk mengetahui informasi, dibutuhkan pula media informasi. Media informasi yang paling dasar dalam sebuah pendidikan adalah buku. Nyatanya buku yang membahas mengenai senjata tradisional Indonesia, sangatlah minim, bahkan hampir tidak ada. Oleh karena itu, penulis memutuskan untuk membuat dan mengolah buku yang membahas mengenai senjata tradisional Indonesia, dengan mengolah desainnya sehingga daya tarik dari kebudayaan ini dapat ditingkatkan dan diharapkan mampu untu menarik minat masyarakat terhadap kebudayaan ini, sehingga budaya ini tidak hilang melainkan diketahui dan dibanggakan sebagai bagian dari identitas kebudayaan bangsa.

Image00

Senjata tradisional Indonesia merupakan sebuah kebudayaan yang sangat indah dan pantas untuk dibanggakan, sehingga akan sangat disayangkan apabila budaya ini hilang, tidak berkembang, atau bahkan dicuri oleh bangsa lain. Oleh karena itu, sebagai anak bangsa hendaknya kita berinisiatif untuk membantu melestarikan kebudayaan Negara kita, karena budaya adalah bagian dari identitas bangsa. Melestarikan dalam langkah yang paling sederhana adalah dengan tahu kita memilikinya, dengan cara sederhana ini, diharapkan pembaca mau membuka pikiran, mata dan telinganya untuk kebudayaan ini.