People Innovation Excellence

Drupadi; Lotus, Api dan Dadu

Joneta Witabora, seorang DKV Binus angkatan 99, pernah menjabat menjadi Deputi Program Creative Adv periode 2010-2013 dan sekarang menekuni dunia ilustrasi dan komunikasi visual. Pada saat ini Joneta mensharingkan project buku Profil Karya F. Widayanto (seniman patung dari tembikar) untuk pameran ke 15, pada pameran 22-30 Agustus 2013 di Galeri Nasional Indonesia.

Dulu Widayanto juga menggarap pamerannya yang berjudul narsisus bersama Joneta dan (saudara kembarnya) Jonata, namun project kali ini hanya dikerjakan Joneta yang membahas karya patung Drupadi; seorang istri dari ke 5 pandawa, juga dihormati sebagai dewi, dan sosok seorang wanita.

Image02

Dari unsur triadik inilah yang dipakai Joneta untuk menggambarkan buku Drupadi. Langkah berikutnya Drupadi dilambangkan dalam semiotik; lotus: karena Drupadi dilambangkan sebagai lotus, api: karena Drupadi dilahirkan dari api, dan dadu: karena Drupadi sempat terjadi tragedi pengundian dalam cerita Mahabrata.

Pada pembuatan font judul, nuansa logo dibuat ekslusif dengan logotype, form dibentuk menyerupai bahasa sansekerta – hanacaraka (dengan base fonttype: riotsquad). Untuk tone bukunya sendiri digunakan dua warna; merah yang menandakan nilai feminin, berani, dan sensual, serta emas yang menandakan nilai classik dan mulia. Digunakan pula elemen visual berupa kain (ciri tarikan kain) dan sinar, dan setiap patung butuh detail yang tidak terlalu tertangkap visualnya bila difoto long shot sehingga disediakan foto-foto detail yang khas.

Image01

Untuk setiap patung memiliki juga judul (bhs jawa) yg diambil dari gestur, ekspresi dan perwatakan yang lebih menggambarkan kecantikan dan sifat daripada penggambaran adegan2 cerita karakter drupadi ini. Beberapa patung disertakan sketsa dan setiap patung disertakan siluetnya sebagai icon dari detail ukuran.

Teknik cetaknya digunakan jenis kertas fancy paper bertekstur berwarna broken white, juga penggunaan fancy paper pearl berwarna emas. Pada setiap halaman jeda dan opening chapter pada judul dan icon dicetak dengan polyfoil, serta sisi buku dengan teknik gilding warna emas. Sedangkan promotion Items: poster punya 3 versi sesuai dengan icon semiotiknya, undangan juga punya 3 versi sleeve dan icon pada bagian porforasi souvenir exchange, serta dibuat pula vertical dan horisontal bannernya. Pada cover buku: disisipi keramik yang merupakan ciri khas setiap buku profil karya si pematung.

Image03


Published at : Updated
Written By
James Darmawan
Subject Content Coordinator
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close