Perancangan KomVis Identitas: Museum Prangko Indonesia

Prangko memiliki peran penting dalam kemajuan komunikasi berbangsa dan bernegara. Keberadaanya pun semakin dilupakan seiring perkembangan zaman yang juga sudah melupakan penggunaan surat. Disinilah Museum Prangko Indonesia mengambil peran penting dalam merangkai kembali perjalanan sejarah bangsa yang melekat dengan seni dan tradisi.

01 02

Perancangan logo yang mencerminkan langsung karakterisik dan keunikan prangko dari bentuk preforasi yang khas, dirancang sesuai dengan target market yang juga masih berusia belia agar mudah mengenali dan memahami langsung isi dari museum, apa yang ingin ditampilkan dan pesan apa yang ingin disampaikan. Elemen grafis perancangan supergrafis dilatarbelakangi oleh visi dan misi yang telah dibangun Museum Prangko Indonesia yaitu menjadi sarana edukasi yang mampu merefleksikan sejarah bangsa dan keelokan budaya Indonesia. Maka perancangan supergrafis mulai menceritakan tentang nilai yang ingin diangkat oleh Museum Prangko Indonesia dan bukan lagi tentang fungsional. Kita akan diajak masuk dan menjelajahi seni dan budaya Indonesia melalui gambar dan tulisan yang terekam dalam setiap prangko yang dipamerkan. Setiap media menggunakan pengaplikasian supergrafis dengan aturan spesifikasi yang telah ditentukan. Konsistensi adalah hal terpenting yang perlu dipertahankan baik dalam pengaplikasian maupun cara kerja, sebab konsistensi mewakili keintegritasan sebuah perusahaan sehingga menunjang brand communication yang tepat bagi Museum Prangko Indonesia.

Rancangan identitas visual ini harus diaplikasikan secara konsisten termasuk  pada media promosi untuk menjaga integritas Museum Prangko Indonesia. Dengan identitas baru yang dimiliki, diharapkan dapat membantu Museum Prangko Indonesia mencapai visi dan misi yang telah dibangun dan merepresentasikan museum secara global.