People Innovation Excellence

Evolusi Illustrasi Sticker era Digital

Digital illustrasi semakin semarak dengan berkembangnya teknologi dan perubahan kebutuhan hidup. Dibidang kebutuhan komunikasi, teknologi, baik yang bersifat publik maupun personal, telah menguasai hampir seluruh perangkat yang digunakan. Tentu hal ini juga membawa dampak penambahan kebutuhan sebuah illustrasi digital.

Seperti halnya seorang illustrator digital yang bernama Dan Woodger, dia berhasil mengikat kerjasama dengan sebuah aplikasi chatting dari Jepang; Line Apps, untuk membuat ilustrasi-ilustrasinya menjadi bagian dari pelengkap komunikasi bernama sticker. Seperti yang telah kita ketahui, sebuah sticker biasanya digunakan untuk memberi ungkapan ekspresi dan emosi dalam sebuah percakapan chat yang berbasis text. Layaknya sebuah bahasa gambar yang dapat mengungkap seribu bahasa text dan verbal, maka trend pengguna sticker meningkat pesat era digital saat ini.

Dan01

Kembali menilik lingkup karya Dan, pada awalnya memang lebih banyak mendapat pekerjaan yang berbasis majalah, namun belakangan ini pesanan yang lebih personal dan berbasis digital; sticker ini semakin banyak dan semarak. Namun demikian, Dan tetap mempertahankan gaya ilustrasinya dengan menggunakan sketsa tangan terlebih dahulu.

Dan02

Dia berkata, “Ini bagian tenaga kerja cinta dan bagian dari prilaku obsesif kompulsif. Saya tahu bahwa dengan membuat sketsa mereka terlebih dahulu saya memiliki rencana set apa yang akan saya lakukan saat saya bekerja itu hingga akhir. Hal ini juga memberi saya kesempatan untuk memperbaiki ketidaksempurnaan saya membuat pertama kalinya. Saya bekerja di luar sistem yang cukup efisien untuk membuat setiap Emoji. Pertama-tama saya akan mencetak 3 × 5 kotak ke lembar A3 kertas kemudian di setiap kotak saya akan sketsa desain. Kemudian itu hanya rutinitas yang sama sebagai pekerjaan saya normal; memindai sketsa di trace dengan tablet Wacom di Photoshop, lalu isi warna untuk menyelesaikan. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa saya harus bekerja dengan cara yang lebih sederhana dengan garis-garis tebal karena ukuran kecil dari produk akhir.”

Dan03

Bagaimana para sahabat SOD Binusian, adakah yang ingin mengikuti jejak Dan? 🙂

 


Published at :
Written By
James Darmawan
Subject Content Coordinator
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close