People Innovation Excellence

Nirmana dan Formalistik

Melihat dari kaca formalistik, visi kreatif Nirmana juga diresapi oleh ikhtiar pemaknaan terhadap patokan struktur-struktur formal desain yg bernilai universal, seperti struktur keseimbangan, kesatuan, irama, kedalaman, dan lain sebagainya. Hal ini menjadikan karya siswa bukan sebagai pernyataan pribadi yang bersifat ekspresif-eksklusif – sebagai karya hasil sensasi-persepsi yang bermuatan kuantitas psikologis semata – melainkan sebuah karya yang disampaikan atas kelindan sistem pemaknaan yang terkait erat dengan aspek kognitif siswa (sebagai encoder makna) dan tim pengajar selaku apresiator (sebagai decoder makna).

Konsep indeks emosi akan suatu stimulus sensasi sangat krusial dalam pemahaman respon emosional terhadap elemen rupa terkait, yang kemudian akan mempengaruhi penggunaan elemen tersebut dalam aplikasi pada karya. Dengan demikian tendensi terhadap kemungkinan akan keragaman sensasi indera yang dirasakan oleh setiap siswa, akan diimbangi dengan cara saling silang antar aspek emotif dan kognitif, yang terimplementasi pada alur ekspresi encoder dan apresiasi decoder dalam kerangka pemahaman akan dasar pemaknaan terhadap patokan formalistik.

illustrationVasare

karya Vasare

 

 


Published at : Updated
Written By
Dyah Gayatri Puspitasari
Subject Content Coordinator
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close