Pilih Ilustrasi!

Pesta demokrasi baru saja usai. Masih teringat adu tampil masa kampanye para calon presiden beserta segala polah tingkah para pendukung yang ingin memenangkan jagonya. Elemen visual untuk kebutuhan kampanye yang menggadang para calon pemimpin negeri ini menjadi pemandangan yang kerap dijumpai.

Pada masa menjelang pemilihan presiden kali ini, selain karena tingkat elektabilitas kedua calon presiden pada pemilu kali ini yang berimbang, juga menarik melihat elemen visual untuk kebutuhan kampanye yang tidak hanya dibuat dengan tehnik fotografi seperti pada umumnya, juga menggunakan ilustrasi. Tidak diketahui secara pasti kelompok mana yang mengawalinya. Namun demikian pendekatan tersebut turut menambah kekayaan dan keragaman visual sebagai elemen pendukung kampanye politik yang bukan tidak mungkin menghasilkan visualisasi yang lebih appealing, segar dan ngepop dibanding visualisasi dengan tehnik fotografi.

ilustrasi

Ilustrasi yang diterapkan pada media kampanye kedua pasangan menggunakan gaya yang tidak jauh berbeda. Kedua pasangan capres-cawapres direpresentasikan dalam Stylized Realism yang menampilkan penyederhanakan bentuk tanpa mengurangi esensi karakteristik bentuk aslinyanya, menghasilkan bentuk yang seolah steril, rapi dan unik, cocok untuk menyampaikan pesan yang mengutamakan daya tarik sekaligus memberi karakter pada tokoh yang divisualkan. Serupa dengan gaya ilustrasi pasangan Prabowo-Hatta, pasangan Jokowi-JK juga ber-outline hitam namun untuk pasangan nomor 1 berwarna monochromatic untuk warna kulit, sedangkan pasangan nomor dua terlihat grayscale dengan warna achromatic sehingga identitas kemeja kotak-kotak merah biru terlihat menonjol.

Penerapan ilustrasi sebagai elemen visual pendukung seharusnya juga disesuaikan dengan karakter capres-cawapres yang divisualkan. Tanpa bermaksud menunjukan dukungan ke salah satu capres, gaya ilustrasi yang memberikan kesan “muda” teresebut terasa tepat diterapkan pada atribut kampanye calon presiden nomor 2 yang gemar musik rock dan blusukan itu.  May the best man win.