People Innovation Excellence

Pilih Ilustrasi!

Pesta demokrasi baru saja usai. Masih teringat adu tampil masa kampanye para calon presiden beserta segala polah tingkah para pendukung yang ingin memenangkan jagonya. Elemen visual untuk kebutuhan kampanye yang menggadang para calon pemimpin negeri ini menjadi pemandangan yang kerap dijumpai.

Pada masa menjelang pemilihan presiden kali ini, selain karena tingkat elektabilitas kedua calon presiden pada pemilu kali ini yang berimbang, juga menarik melihat elemen visual untuk kebutuhan kampanye yang tidak hanya dibuat dengan tehnik fotografi seperti pada umumnya, juga menggunakan ilustrasi. Tidak diketahui secara pasti kelompok mana yang mengawalinya. Namun demikian pendekatan tersebut turut menambah kekayaan dan keragaman visual sebagai elemen pendukung kampanye politik yang bukan tidak mungkin menghasilkan visualisasi yang lebih appealing, segar dan ngepop dibanding visualisasi dengan tehnik fotografi.

ilustrasi

Ilustrasi yang diterapkan pada media kampanye kedua pasangan menggunakan gaya yang tidak jauh berbeda. Kedua pasangan capres-cawapres direpresentasikan dalam Stylized Realism yang menampilkan penyederhanakan bentuk tanpa mengurangi esensi karakteristik bentuk aslinyanya, menghasilkan bentuk yang seolah steril, rapi dan unik, cocok untuk menyampaikan pesan yang mengutamakan daya tarik sekaligus memberi karakter pada tokoh yang divisualkan. Serupa dengan gaya ilustrasi pasangan Prabowo-Hatta, pasangan Jokowi-JK juga ber-outline hitam namun untuk pasangan nomor 1 berwarna monochromatic untuk warna kulit, sedangkan pasangan nomor dua terlihat grayscale dengan warna achromatic sehingga identitas kemeja kotak-kotak merah biru terlihat menonjol.

Penerapan ilustrasi sebagai elemen visual pendukung seharusnya juga disesuaikan dengan karakter capres-cawapres yang divisualkan. Tanpa bermaksud menunjukan dukungan ke salah satu capres, gaya ilustrasi yang memberikan kesan “muda” teresebut terasa tepat diterapkan pada atribut kampanye calon presiden nomor 2 yang gemar musik rock dan blusukan itu.  May the best man win.


Published at :
Written By
Danendro Adi
Subject Content Coordinator
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close