Designer meets Client

Seiring berakhirnya semester genap 2013/2014, maka mahasiswa mata kuliah DKV 5 (social campaign) memamerkan hasil eksekusi visual pada beberapa klien(beberapa organisasi sosial) mitra jurusan DKV New Media yang telah memberikan creative brief mereka di awal semester. Kegiatan ini adalah wujud rangkaian penutup dari kegiatan kerjasama yang dilakukan jurusan DKV. Adapun 5 mitra organisasi sosial yang berpartisipasi pada semester ini adalah:

– Komnas Perempuan
– Sanggar Akar
– Save Mugo (Muara Gembong)
– Desa Sejahtera
– TFI (Teach for Indonesia)
– Rujak

Pada kesempatan ini mahasiswa memamerkan rangkaian karya kampanye visualnya kepada para klien untuk didiskusikan dengan para dosen pengajar untuk mendapatkan input dari dunia industri. Beberapa karya yang dianggap inovatif dan sesuai dengan program kampanye akan dipilih dan direalisasikan untuk dipublikasikan kepada khalayak sasaran.

Client01 Client02

Respon dari mitra organisasi sosial sungguh sangat positif. Banyak karya inovatif telah dihasilkan oleh para mahasiswa DKV 5, sehingga pemilihan kandidat yang terbaik untuk dipublikasikan cukup membuat para dosen dan klien sulit menentukan pilihannya. Dalam rangkaian karya kampanye sosial ini mahasiswa diharuskan juga untuk menyertakan buku proses kreatif sebagai pengantar konsep karyanya. Didalamnya terdapat konsep strategi visual & verbal yang menentukan efektif tidaknya sebuah program kampanye sosial ini dapat dipahami masyarakat. Karena sebuah program kampanye tidak hanya mampu mengedukasi target khalayak dengan memberikan informasi namun juga dapat juga merubah perilaku dan kebiasaan yang diharapkan program tersebut seperti mengubah kebiasaan pemborosan air, menumbuhkan kebanggaan terhadap pangan lokal, menghormati hak lawan jenis dll.

Banyak kebaruan kreatifitas pemecahan visual dan verbal yang ditawarkan pada kampanye sosial hasil rancangan mahasiswa ini, seperti inovasi pemilihan media (digital interactive, ambient ad., kemasan), hingga pemecahan visual dengan gaya ilustrasi/fotografi/digital imaging, copywriting/tipografi yang unik.

Client03