Persembahan Alumni: Buku Panduan DKV Untuk Pemula

Kembali sebuah publikasi berbentuk buku diluncurkan oleh alumni School Of Design – Binus University, buku ini berjudul: Desain Komunikasi Visual – Dasar-Dasar Panduan Untuk Pemula. Pembuatannya dilakukan oleh 2 orang alumni angkatan 2003 bernama Lia Anggraini dan Kirana Nathalia.

Picture01

Setelah kelulusan mereka pada tahun 2007, baik Lia maupun Kirana sempat menekuni dunia desain dan branding pada kota yang berbeda, sampai pada bulan November 2011 mereka kembali bergabung bersama dan membentuk usaha branding bernama REDVOX.

Dengan portfolio yang ditayangkan pada website, plus networking pada saat di Bandung, mereka ditawari penerbit Nuansa Cendikia untuk membuat sebuah buku pengantar tentang keilmuan DKV yang awal rencananya akan dijadikan salah satu buku mata pelajaran sekolah.

Picture02

Dengan menghabiskan waktu selama 6 bulan untuk isi dan layout desain buku, roda produksi Lia dan Kirana dilanjutkan penerbit sampai pada tahap perijinan, percetakan dan distribusi. “Semua kami susun berdasarkan pengalaman kami selama kuliah DKV di Binus University, plus pengalaman yang variatif selama kami awal bekerja.” tutur Kirana. “Namun juga semua kami presentasikan dalam bahasa visual dan verbal yang sederhana sehingga mudah dimengerti bagi pembaca yang masih belum menjajaki dunia DKV itu sendiri” tambah Lia.

Buku ini membahas tentang: komunikasi visual, bahasa visual, fungsi desain, unsur desain, tipografi, lay-out dan sistem grid. Tebal buku sekitar 100 halaman, diawali dengan pengantar dari Daniel Surya selaku direktur DM-IDHolland, dan direview oleh dosen dan pengamat budaya Evelyn Huang.