People Innovation Excellence

Sensibilitas Estetik sebagai Cikal Bakal Kecerdasan Seni & Desain

Ketika era kesejagatan semakin menjadikan budaya teknologis sebagai ‘alam kedua’ manusia, maka tak terelakkan lagi kehidupan masyrakatanya pun terkepung oleh geliat perayaan representasi citraan yang menampilkan beragam sensasi visual. Di balik jejalan berbagai citraan dengan berbagai tawarannya sedemikian, khususnya dalam dunia seni dan desain, perlu dilakukan semacam perluasan wawasan dan cara pandang estetik, dalam bentuk intensitas pengasahan kepekaan (sense) pada wilayah esensi rupa. Pengasahan ini berupa pengasahan kepekaan akan imaji nir-representasi, nir-bentuk, yang tidak memanjakan mata dengan berbagai citraan realitas/hiperealitas.

Hal ini diharapkan mampu membentuk sense of wholeness akan kebermaknaan estetik unsur-unsur rupa berdasar daya kepekaan yang dimaknai sebagai sensibilitas estetik. Daya ini ditengarai sebagai cikal bakal imajinasi kreatif yang berikhtiar pada suatu kecerdasan seni dan desain.

Menyoal pada seni dan desain, maka ihwal modus pengkaryaannya mampu dimotivasi oleh berbagai bentuk aktivitas budaya dalam kehidupan keseharian, seperti: pentas kesenian, ajang pameran, berbagai diskusi/seminar seni dan desain, menonton televisi, membaca buku, maupun melalui berbagai bentuk aktivitas budaya lainnya. Sedangkan dalam ranah akademis – dalam hal ini di wilayah tingkat perguruan tinggi seni dan desain – dimotivasi oleh pengasahan kepekaan melalui mata kuliah Nirmana.


Published at : Updated
Written By
Dyah Gayatri Puspitasari
Subject Content Coordinator
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close