People Innovation Excellence

Seminar Mobile Apps dengan Samsung di Fresh n Brite 2012

Teknologi (seharusnya) untuk kehidupan

Ada hal yang menarik ketika teknologi menjadi bahan perbincangan. Seolah kita terbawa pada suatu kemungkinan tanpa batas, disaat yang sama kita terbawa pada nostalgia beberapa tahun yang silam. Bila kita mengingat apa yang terjadi di pertengahan tahun 90 an, kala internet masih menjadi barang “ajaib”, surat elektronik dan telepon selular masih menjadi domain kelompok tertentu, sebut saja kalangan orang berpunya, karena mahalnya ongkos untuk menikmati teknologi tersebut kala itu. Tidak terbayangkan hanya dalam waktu satu dekade lebih sedikit setelah pergantian milenium, hal tersebut diatas sudah menjadi bagian dari keseharian kita sebagai masyarakat perkotaan yang (merasa) modern.

 

 

Dalam seminar Samsung Mobile Apps bersama Pambudi Baskara yang diadakan hari pada 14 oktober 2012 lalu di panggung utama pusat perbelanjaan Kota Kasablanka, membahas sedikit gambaran akan pemanfaatan media digital, dalam hali ini aplikasi berbasis android, dan peranannya dalam memberikan kemudahan di keseharian masa kini dan yang akan datang. Disamping itu Mas Pam, demikian ia disapa, mengajak untuk memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh Samsung untuk bersama memperkaya Samsung Apps dengan aplikasi berkandungan lokal sebagai bagian dari misi menyebarluaskan informasi akan kekayaan budaya Indonesia melalui media digital. Tawaran kerjasama pun langsung diutarakan karena ketertarikan pada beberapa karya terbaik yang dipamerkan di acara Fresh and Bright itu.

Gagasan tersebut dapat direalisasikan karena kini teknologi digital sudah dapat dengan mudahnya dijangkau dan dijual dengan rentang harga beragam. Alat telekomunikasi cerdas tanpa kabel berlayar sentuhpun tidak ubahnya benda sehari-hari yang harus dijinjing, bila saku celana terlalu kecil untuk memuatnya. Lebih jauh lagi, karena Samsung juga memproduksi berbagai produk rumah tangga seperti televisi, lemari pendingin, Komputer, kamera, dan lain sebagainya, memungkinkan seluruh peralatan tersebut saling terkoneksi dan interaksi dengan dunia luar dapat dilakukan dengan mudahnya dari mana dan kapan saja. Namun demikian, simpulan dari seminar disepakati bahwa hanya dengan penggunaan yang bijak dan tepat guna akan memberikan nilai tambah bagi pemakainya.

Teringat pada salah satu film promosi Samsung yang ditayangkan saat seminar menampilkan pemanfaatan sebuah aplikasi yang dapat memeriksa seluruh kesiapan kendaraan sebelum memuai perjalanan. Meski kini masih terlihat seperti kejadian di film fiksi ilmiah, mengingat apa yang terjadi lima belas tahun lalu dibandingkan dengan sekarang, untuk mengalami apa yang ada di film tersebut sepertiya sudah tidak perlu menunggu lama lagi.


Published at : Updated