Get Real – Advertising in real life today

Sabtu, 15 Mei 2010, bertempat di ruang K1F berlangsung workshop kuliah Periklanan yang mengangkat tema Get Real – Advertising in real life today. Dua puluh tujuh mahasiswa hadir mengikuti acara tersebut. Acara berlangsung begitu padat bahkan lewat dari waktu yang dijadwalkan. Dibuka oleh Pak Bimo, memperkenalkan kedua pembicara, Aryanto Salim (Art Director Saatchi Indonesia – Alumni DKV BINUS 2001) dan Panca Putra (Copywriter Saatchi Indonesia) — keduanya adalah peraih Daun Muda Award Citra Pariwara 2009.

read more

01.jpg_effected

03.jpg_effected

Materi pembekalan menjadi sesi yang mengawali acara workshop ini, secara bergantian dan bertubi-tubi (karena kebetulan memang hanya terdapat satu mic) Aryanto dan Panca memberikan ilustrasi perkembangan dunia periklanan baik di Indonesia maupun internasional. Bukan hanya itu, juga ditambahkan dengan perspektif mengenai awards di dunia periklanan. Awards adalah ajang inisiatif yang memberikan dampak positif bukan hanya bagi personil yang memenangkannya, namun juga untuk institusi di mana si pemenang itu berada.

Setelah hampir dua jam pembekalan materi tersebut disampaikan lalu sesi pertama ditutup dengan resep yang menjadi acuan lahirnya iklan-iklan berkualitas. Semua berusaha menyimak karena tidak boleh mencatat 🙂

Lepas istirahat makan siang yang diisi dengan makan siang plus kopi + teh, acara dilanjutkan ke sesi utama : workshop. Kasus yang diangkat sangat sederhana : bagaimana jualan DKV BINUS. Kemudian para mahasiswa dibagi menjadi 5 kelompok. Masing-masing menyiapkan BIG IDEA sebanyak 20 buah dalam waktu 20 menit saja. Setelah terdapat 20 buah BIG IDEA, maka disaring menjadi 3 utama lalu masing-masing dibuatkan alternatif eksekusinya, semua dilakukan dalam waktu yang singkat.

02.jpg_effected

07.jpg_effected

Lalu satu persatu diminta untuk melakukan presentasi atas BIG IDEA dan eksekusi — dan langsung diulas serta diberikan masukan oleh Aryanto dan Panca, positif negatifnya serta kemungkinan-kemungkinannya apabila ide tersebut direalisasikan.

04.jpg_effected

Setelah satu jam acara lewat dari waktu yang dijadwalkan maka workshop tersebut ditutup dengan tips, wejangan serta arahan apabila ingin berkarya di dunia periklanan. Terima kasih untuk kedua instruktur, mudah-mudahan kita bisa buat lagi acara serupa yang jauh lebih seru dan beragam.

05.jpg_effected

06.jpg_effected

Narasi + foto oleh : danu.widhyatmoko