People Innovation Excellence

MOMENTUM 10 — Dasawarsa DKV BINUS

MOMENTUM 10 – Dasawarsa DKV BINUS
‘Sebuah Ungkapan Rasa Terima Kasih DKV BINUS University’

‘MOMENTUM’ : peristiwa bersatunya potensi dan daya gerak; ’…impetus, energy, force, power, strength, thrust, speed, velocity’ — ORIGIN late 17th cent. : from Latin, from movimentum, from movere ‘move

Berlangsung pada tanggal 09 – 15 November 2009 di fX Lifestyle X’nter, Senayan, Jakarta, ‘MOMENTUM 10 – Dasawarsa DKV BINUS’ adalah perayaan ulang tahun kesepuluh Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) BINUS University, yang saat ini berada di bawah Fakultas Komunikasi dan Multimedia (FKM). Sejak berdiri pada tahun 1999, DKV BINUS telah meluluskan lebih dari 850 wisudawan jenjang strata 1.

Dengan mengangkat tema ‘Neo Nasionalisme’, sebuah cara pandang baru generasi muda dalam menyikapi isu nasionalisme yang sedang berkembang dewasa ini, DKV BINUS memaknai momentum ini sebagai ‘Pengabdian’.  Pengabdian sebagai ungkapan rasa terima kasih kepada seluruh pihak terkait yang telah banyak berjasa dalam perkembangan 10 tahun usia DKV BINUS. Hal inilah yang mendasari dirancangnya ‘MOMENTUM 10 – Dasawarsa DKV BINUS’ sebagai suatu rangkaian acara yang tak terpisahkan.

Pembukaan M10 Exhibition pada Hari Pahlawan 10 November 2009

Rangkaian acara secara resmi dibuka dengan peresmian M10 Exhibition pada hari Selasa, bertepatan dengan Hari Pahlawan 10 November 2009, oleh Dekan FKM, Drs. Lintang Widyokusumo, MFA. Bertempat di f3 Atrium, M10 Exhibition menampilkan 3 (tiga) buah pameran. Mulai dari tradisi pameran karya Tugas Akhir Terbaik ‘Fresh n Brite ‘09’, dengan tema ‘We Can Be Heroes’, kali ini menampilkan karya 14 mahasiswi/a. Berikutnya adalah pameran ‘Poster Neo Nasionalisme’, 10 buah giant poster karya mahasiswa dan dosen DKV BINUS, yang mengkritisi realita problematik Indonesia saat ini. Tak ketinggalan untuk ditampilkan adalah arsip karya pilihan 10 tahun perjalanan pendidikan DKV BINUS, dalam bentuk akordeon (folded) sepanjang lebih dari 25 meter, yang dikemas dengan judul Longest Visual Archive: 10 : Local Content, Contemporary Spirit’. Karya-karya tersebut merupakan perwujudan rasa terima kasih dan darma bakti DKV BINUS untuk kemajuan dan pengembangan dunia industri, praktisi, serta profesi DKV di Indonesia.

Arsip Visual Terpanjang yang merekam perjalanan 10 tahun karya DKV BINUS dalam buku sepanjang 25 meter

Sebagai bentuk pengabdian bagi dunia akademis dan pendidikan DKV Indonesia, DKV BINUS mempersembahkan Seminar Nasional ‘NATION BRANDING: Kekuatan Nilai Lokal sebagai Identitas Pembeda Entitas Bernama Indonesia’, pada hari Rabu, 11 November 2009, bertempat di fCone, lantai f7, fX Lifestyle X’nter. Seminar gratis ini menampilkan pembicara Rizaldi Siagiaan, MA (etnomusikolog), Daniel Surya (country manager – The Brand Union), dan Dr. Ermiel Thabrani (pakar komunikasi dan kehumasan), serta Drs. Merdy Kanto Batangtaris (dosen senior DKV BINUS & pengamat budaya) sebagai moderator.

Dr Ermiel Thabrani dalam Seminar Nasional NATION BRANDING

Ulang tahun kesepuluh tidak membuat DKV BINUS lupa untuk melakukan introspeksi diri dan evaluasi atas seluruh pencapaian yang telah diraihnya. Bersama seluruh staff pengajar, serta mengajak pihak Rektorat dan Yayasan, Jurusan DKV BINUS juga mengadakan internal gathering sebagai retrospeksi ke masa depan. Sebuah upaya perumusan ulang daya saing di masa datang yang sejalan dengan visi dan misi BINUS 20/20 ‘A World Class University: In Continuous Pursuit of Innovation and Enterprise’, yang diselenggarakan pada Kamis 13 November 2009 di Foodism fX.

Retrospeksi DKV BINUS memfasilitasi dialog antara dosen dan rektor di internal gathering Kamis 12  Nov 09

Sementara bagi masyarakat dan komunitas DKV Indonesia (asosiasi profesi, forum, industri penunjang, serta pengamat), yang telah dan selalu memberikan dukungan positifnya bagi perkembangan DKV BINUS, diselenggarakan acara malam ramah tamah M10 Dinner pada hari Jumat, 13 November 2009, di fCone. Diawali dengan penyerahan hasil kerjasama tahun 2008 antara DKV BINUS dengan pihak menejemen fX Lifestyle X’nter, disusul dengan peluncuran tampilan website baru DKV BINUS (http://dkv.binus.ac.id) dan perkenalan buku ‘Sebuah Dialog Untuk Berbagi: Dasawarsa DKV BINUS’, sebuah rangkuman catatan perjalanan sejarah DKV BINUS. Acara ini ditutup oleh DKV BINUS dengan meneruskan tradisi positif baru, yang dimulai sejak penyelenggaraan pameran Fresh ‘n Brite ’08, yaitu penyerahan ‘Anugerah DKV BINUS SAMARTHARUPA’, sebuah penghargaan dari DKV BINUS kepada dedikasi dan semangat tiada henti bagi pengembangan dunia DKV di Indonesia. Penerima Piala Lebah (sebutan ‘pop’ penghargaan Samartharupa) tahun ini adalah Drs. Suyadi (lebih dikenal dengan ‘Pak Raden’), dengan buah karya serial fenomenalnya ‘Si Unyil’, serta Dwi Koendoro, melalui serial kelakar kritisnya ‘Panji Koming’.

Penerima Samartharupa 09 Dwi Koendoro 2 dari kiri dan Drs Suyadi 5 dari kiri berfoto bersama Binusian Leader

Di penghujung rangkaian acara, DKV BINUS mengajak masyarakat umum untuk berbagi wawasan dan wacana, dengan mempersembahkan dua buah talkshow gratis di f3 Atrium. Meskipun MOMENTUM 10 bertema ‘Neo Nasionalisme’, DKV BINUS mengajak masyarakat untuk tidak menjadi katak dalam tempurung sebagai kaum nasionalis marjinal, dengan menutup diri terhadap isu global. Talkshow berjudul ‘Green Brands’ yang dibawakan oleh Alexandra Bastedo (Client Director – Landor Associates) pada hari Sabtu 14 November 2009, memberikan pencerahan bahwa disiplin ilmu DKV, dalam kapasitasnya, mampu berkontribusi bagi perbaikan lingkungan hidup dan alam secara global. Acara ini dimoderatori oleh Nico Pranoto, seorang praktisi branding, aktivis asosiasi profesi desain grafis, sekaligus dosen DKV BINUS.

Alexandra Bastedo membawakan Talkshow GREEN BRANDS dengan moderator Nico Pranoto

Pada hari terakhir penyelenggaraan, Minggu 15 November 2009, digelar talkshow ‘Neo Nationalism: Perspectives of the Rising Stars’ menampilkan 8 (delapan) ‘duta pendidikan’ alumnus DKV BINUS, yang tergabung dalam WAKUL (Wadah Kumpul Alumni) DKV BINUS, yang telah berhasil mendapat sambutan positif di dunia industri terkait DKV.  Menampilkan berbagai profesi, mulai dari senior art director biro iklan internasional, graphic designer, animator televisi swasta, sutradara video clip, web designer, hingga entrepreneur, acara ini dipandu oleh Arif PSA, seorang dosen DKV BINUS, praktisi, dan aktivis forum desain grafis.

image-wakul-600

Rangkaian acara MOMENTUM 10 – Dasawarsa DKV BINUS ditutup dengan harapan DKV BINUS untuk dapat meningkatkan darma bakti dan kontribusinya bagi kemajuan bangsa dan negara melalui disiplin ilmu DKV, di kancah lokal, nasional, maupun internasional. KEMBANGKAN KREATIVITAS, JAYAKAN INDONESIA!

 

(Maudhy Setiawan – Ketua Penyelenggara Momentum 10 & Dosen Tugas Akhir DKV BINUS)
e-mail: maudhy.setiawan@gmail.com | website: http://dkv.binus.ac.id


Published at : Updated
Leave Your Footprint
  1. […] Anugerah Samartharupa berbarengan dengan peringatan 10 tahun jurusan DKV Binus, atau disebut Momentum 10 – Dasawarsa DKV Binus. Bertempat di f3 Atrium dan The Cone f7 – Mal fX lifestyle X’nter Jl. Soedirman (Pintu Satu […]

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close