People Innovation Excellence

MOMENTUM 10 — Dasawarsa DKV BINUS

Refleksi Titik Balik 10 tahun Penyelenggaraan Pendidikan DKV Sekaligus Titik Tolak Merancang Harapan Maju Ke Depan

“Momentum” adalah peristiwa bersatunya potensi dan daya gerak.

“…impetus, energy, force, power, strength, thrust, speed, velocity” — ORIGIN late 17th cent.: from Latin, from movimentum, from movere ‘move’

Jurusan Desain Komunikasi Visual BINUS University atau sering disebut DKV BINUS, tahun ini menyelenggarakan perayaan ulang tahun ke 10 penyelenggaraan pendidikan desain. Berdiri sejak tahun 1999, DKV BINUS telah melahirkan lebih dari 850 lulusan jenjang strata 1, di bawah Fakultas Komunikasi dan Multimedia (FKM).

Dalam wacana persaingan global dan visi 2020 Binus University ‘to be worldclass university’ momentum ini juga dimanfaatkan DKV BINUS – sebagai penyelenggara pendidikan desain terbesar saat ini – untuk perumusan ulang pencarian daya saing DKV BINUS yang akan memberikan warna khas kelulusannya sebagai desainer masa depan; selain saat ini telah memiliki standar dan citra positif: Computerize skills & knowledge, Good design concept & implementation, Enterpreunership, ditambah suplemen keberpihakan berani & bangga mengangkat Local Content Value – dalam lanskap Contemporary Scene ke dalam output desain sebagai sumber gagasan dan identitas dalam dialektika lanskap global.

Oleh karenanya acara “Momentum 10-Dasawarsa DKV BINUS” akan dibungkus dalam kemasan bertajuk: NEO NASIONALISME – Cara pandang baru generasi muda dalam mensikapi isu keragaman & kebangsaan.

Momentum ini akan melibatkan mahasiswa, dosen, alumni, calon mahasiswa (siswa SMU) dan didukung oleh asosiasi dan forum desain seperti ADGI, FDGI, DGI, Wadah alumni DKV BINUS – Wakul, HIM DKV dan akan mengundang sesama kampus pendidikan DKV, industri terkait DKV diantaranya: advertising agency, biro grafis, branding consultant, packaging consultant, publisher, industri printing, computer, paper, juga lembaga-lembaga mitra dan pers.

Kegiatan berlangsung satu pekan penuh 9–15 Nopember 2009 di f3 – fX Lifestyle X’nter, Senayan Jakarta, dan akan dibuka secara resmi tepat di hari nasional Hari Pahlawan-10 Nopember 2009, di lantai f3 meliputi Pameran 10 Poster “Neo Nasionalisme”, Presentasi “Fresh ‘n Brite” mahasiswa dengan kelulusan terbaik Grade A dengan tajuk “We can be heroes”, dan “Arsip Visual Terpanjang” karya–karya sepanjang perjalanan 10 tahun pendidikan DKV BINUS dipresentasikan dalam buku berformat akordeon dengan panjang lebih dari 17 meter dengan judul “10 – Local Content Contemporary Spirit”.

Diselenggarakan juga kegiatan akademis Seminar Nasional, Rabu 11 Nopember 2009 “Nation Branding: Kekuatan Nilai Lokal sebagai Identitas Pembeda Entitas Bernama Indonesia”

Menghadirkan pembicara kunci
Ibu Dr. Mari Elka Pangestu (dalam konfirmasi)
“Kebijakan dan Strategi Pemerintah dalam Nation Branding Indonesia”

Rizaldi Siagian, MA (Etnomusikolog)
”Nilai Lokal sebagai Potensi Kekuatan dalam Nation Branding”

Daniel Surya (Country Director-The Brand Union Indonesia)
“Perspektif Branding Agency dalam menyikapi Nilai Lokal dalam Nation Branding”

Dr. Ermiel Thabrani (Pakar Komunikasi dan Kehumasan)
“Sisi Pencitraan dan Reputation Management dalam Nation Branding”

dengan moderator
Bp. Merdy Kanto Batangtaris (dosen senior DKV Binus, ahli budaya)

Pada hari Jum’at, 13 November 2009, f3 – fX lifestyle X’nter diselenggarakan “M10 Gala Dinner” (khusus undangan) acara yang berisi Pre Sale Buku Profile DKV BINUS bertajuk “Sebuah Buku untuk Berbagi” dikemas secara visual menarik tentang kehidupan mahasiswa dan perkuliahan di kampus DKV BINUS layaknya sebuah Kamp. Kepramukaan… seru dan inspiratif! Juga akan di perkenalkan Web baru DKV BINUS yang menampung segala kreatifitas desain yang diharapkan web ini akan menjadi pusat interaksi mahasiswa desain. Yang ditunggu-tunggu pada hari “M10 Gala Dinner” adalah acara tahunan “Anugerah Samartharupa 2″, pernyataan hormat dari dunia pendidikan bagi insan kreatif dengan dedikasi tiada henti di pendidikan dan industri DKV. Siapa gerangan yang terpilih pada malam itu akan menjadi kejutan…

Pada penghujung minggu akan ada 2 Talkshows gratis untuk umum di f3 – fX lifestyle X-nter. Talkshow pada Sabtu, 14 November 2009 mengetengahkan “Green Brands” dengan pembicara Bp. Alexandra Bastedo (Client Director – Landor Associate) dengan moderator Bp Nico Pranoto (Dosen DKV BINUS).

Pada Minggu, 15 November 2009 sekaligus penutupan, akan berlangsung Talkshows 2 “Neo Nasionalisme” mengetengahkan desainer muda lulusan DKV BINUS yang terhimpun dalam wadah alumni DKV BINUS – Wakul dan kini tengah berkarir di industri desain mempresentasikan pengalaman dan karya sebagai desainer muda cemerlang. Berturut-turut akan tampil: Novita Angka (octodesign). Hezal Weisman (Y & R), Richard Fang (www.jurusgrafis.com), Riza Harumukti (O channel), dengan moderator Arief PSA (dosen DKV BINUS).

DKV Binus berharap penyelenggaraan kegiatan peringatan 10 tahun perjalanannya menjadi momentum berbagi yang bermakna… ayo bergabung di acara “Momentum 10 – Dasawarsa DKV Binus”.

Kembangkan kreatifitas, jayakan Indonesia!

•••


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close