People Innovation Excellence

SAMARTHARUPA 2009, Untuk Semangat dan Dedikasi yang Tiada Henti

Untuk kedua kalinya, Anugerah DKV BINUS Samartharupa digelar. Hajatan pertama yang diawali di tahun 2008 lalu memang diharapkan menjadi sebuah “ritual” baru dari pameran Fresh n Brite. Ritual yang bukan sekedar rutinitas, tapi secara lebih dalam mengajak segenap keluarga besar jurusan DKV BINUS untuk belajar menghargai semangat dan dedikasi para pendidik, tokoh, maupun penggiat di bidang desain komunikasi visual.

Sekedar mengingatkan, nama Samartharupa diambil dari bahasa Sansekerta, yang berarti pintar atau cakap, sedangkan rupa berarti visual. Dengan demikian Samartharupa memiliki pengertian yang sangat lekat dengan disiplin ilmu DKV, di mana para desainer dituntut mampu menciptakan desain yang cerdas dan mampu mengkomunikasikannya dengan tepat. Uniknya, DKV BINUS justru punya sebutan populer untuk Anugerah Samartharupa, yaitu PIALA LEBAH, dengan alasan lebah memang sudah identik dengan BINUS selama ini.

Pengertian samartharupa yang berarti cakap dalam visual sesungguhnya tidak berarti sesempit itu.  Anugerah ini merupakan bentuk apresiasi yang bisa diartikan semacam lifetime achievement & dedication bagi para tokoh maupun penggiat di bidang terkait.

Siapakah Penerima Samartharupa 2009?
Tahun 2008 kemarin, ada 4 tokoh di bidang desain grafis/komunikasi visual yang menerima anugerah ini, yaitu: A.D. Pirous, Riswanto (Iwan) Ramelan, Yongki Safanayong dan Hanny Kardinata. Tahun ini, panitia memutuskan untuk memberikan 2 (dua) penghargaan pada tokoh/penggiat yang dianggap layak. Mungkin banyak yang bertanya seperti apa kriteria bagi mereka yang layak mendapatkan anugerah ini. Seperti tahun kemarin, tidak ada kompetisi khusus yang diadakan untuk menentukan siapa orangnya. Tetapi ketokohan, semangat, dedikasi dan segala prestasi yang telah diraih serta bisa menjadi inspirasi dan panutan dalam berkarya, menjadi acuan utama dalam penganugerahan ini. Dan siapakah orangnya, itulah yang ditunggu-tunggu.

Momentum 10 Tahun
Di tahun 2009 ini, penyelenggaraan anugerah Samartharupa berbarengan dengan peringatan 10 tahun jurusan DKV BINUS, atau MOMENTUM 10 – Dasawarsa DKV BINUS. Bertempat di f3 Atrium dan The Cone f7 – Mal fX lifestyle X’nter Jl. Soedirman (Pintu Satu Senayan) Jakarta. Acara penganugerahan yang di kemas dalam bentuk “M10 Gala Dinner” ini juga diisi acara menarik lainnya. Yaitu: Pre Sale Buku Profil DKV BINUS bertajuk “Sebuah Buku untuk Berbagi”. Buku profil yang mengemas ”gaya” perkuliahan mahasiswa DKV Binus layaknya sebuah camp kepanduan atau kepramukaan yang seru dan inspiratif. Juga akan di perkenalkan website baru DKV BINUS. Website baru ini diharapkan menjadi pusat interaksi dan menampung segala kreatifitas khususnya mahasiswa DKV Binus.

Di usia 10 tahun ini, rasa bungah-bahagia yang melingkupi keluarga besar DKV BINUS, menjadi pemicu semangat bersama untuk berkarya dan turut andil dalam memajukan dunia pendidikan, khususnya desain komunikasi visual Indonesia. **(tun)


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close