People Innovation Excellence

Garis 02

Dalam menggambar kita membutuhkan dua tipe tarikan tangan…

1.    Control Handwriting
2.    Free Handwriting

Pada Control Handwriting, garis yang dihasilkan lebih terarah, tepat, halus, dan berhati-hati. Berikut beberapa latihan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas garis Control Handwriting kita…

GARIS SEJAJAR
Dengan tidak melupakan latihan-latihan sebelumnya, pada kertas berukuran A3 buatlah garis-garis sejajar berarah vertikal dan horizontal  dengan jarak antar garis sekitar 1,5 cm. Posisi kertas diusahakan untuk tetap diam tidak diputar-putar.

GARIS SEMBARANG TERARAH
Letakkan dua titik yang berjarak bebas, lalu hubungkan kedua titik itu dengan sebuah garis lurus. Lakukan berulang-ulang dengan letak dan jarak titik yang berbeda-beda.

LINGKARAN
Buatlah bujursangkar terlebih dahulu, lalu di dalamnya letakkan gambar lingkaran yang menyentuh keempat sisi bujursangkar tersebut. Apabila dalam menarik garis-garis tersebut kita melakukan kesalahan, jangan menghapusnya, gambar kembali saja garis yang baru diatasnya, usahakan agar terjadi perbaikan kualitas dari garis yang sebelumnya.

Berikutnya, pada Free Handwriting, garis yang dihasilkan jauh lebih spontan, bebas, cepat, dan ekspresif. Berikut beberapa latihan yang dapat dilakukan….

GESTURE
Dengan menggunakan objek model atau referensi foto manusia buatlah gambar gesture (gerak bahasa tubuh). Tidak perlu detail, tangkap dengan cepat perbandingan anatomi dan gesture objek. Hindari garis berbulu dan ragu, tidak menghapus garis yang salah, perbaiki dengan menibannya saja. Lakukan latihan ini dalam waktu di bawah 1 menit pada setiap objek gambarnya.

CONNECTED LINE
Tetap menggunakan objek manusia buatlah gambar garis yang terus menerus tidak putus tanpa mengangkat pensil dari kertas sampai gambar selesai. Gambar akan lebih detail di banding latihan garis gesture sebelumnya. Lakukan latihan ini dengan waktu kurang dari 2 menit.

Selamat berlatih!

oleh : Tytton Sishertanto (http://tytton.wordpress.com)


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close